Sebarkanlah Biar Banyak Yang Tahu, Pattimura itu Muslim yang Taat


Usaha pengaburan histori perjuangan beberapa pahlawan Indonesia selalu berjalan, satu diantaranya berlangsung pada sosok Kapitan Pattimura.

Nama asli Pattimura yaitu Ahmad Lussy, tetapi buku-buku histori kerap menuliskan kalau namanya Thomas Mattulessy yang disamakan dengan beberapa nama barat Kristiani.

Perlawananya pada penjajah kolonial Belanda, bikin Ahmad Lussy mditangkap serta dijatuhi hukuman gantung. Ahmad Lussy syahid di tiang gantungan pada 16 Desember 1817
 Sebelumnya ditangguhkan, Ahmad Lussy mengatakan kata Tamsil yang berbunyi: "Saya katakan pada Anda sekalian (kalau) saya yaitu beringin besar serta

tiap-tiap beringin besar bakal rubuh namun beringin lain bakal menggantinya. (demikian juga) saya katakan pada anda sekalian (kalau) saya yaitu batu besar serta tiap-tiap batu besar bakal terguling namun batu lain bakal menggantinya”.

 Ahmad Lussy atau dalam bhs Maluku dimaksud Mat Lussy, lahir di Hualoy, Seram Selatan (bukanlah Saparua seperti yang di kenal dalam histori versus pemerintah). Ia bangsawan dari kerajaan Islam Sahulau, yang waktu itu diperintah Sultan Abdurrahman. Raja ini di kenal juga dengan sebutan Sultan Kasimillah (Kazim Allah/Asisten Allah). Dalam bhs Maluku dimaksud Kasimiliali.


Ahmad Lussy yaitu seseorang Muslim yang patuh. Terkecuali keturunan bangsawan, ia juga seseorang ulama. Data histori mengatakan kalau pada saat itu semuanya pemimpin perang di lokasi Maluku yaitu bangsawan atau ulama, atau keduanya.
Sebarkanlah Biar Banyak Yang Tahu, Pattimura itu Muslim yang Taat Sebarkanlah Biar Banyak Yang Tahu, Pattimura itu Muslim yang Taat Reviewed by Unknown on 07.14 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.